Resep Nasi Tutug Oncom Tasikmalaya Spesial

Resep Nasi Tutug Oncom Tasikmalaya Spesial - Ingin merasakan nasi yang beda dari biasanya? Cobain Nasi Tutug Oncom Tasikmalaya Spesial ini. Nasi tutug oncom merupakan salah satu masakan khas Jawa Barat, lebih tepatnya masakan khas Sunda. Salah satu kota di Jawa Barat yang terkenal dengan Tutug Oncomnya adalah Tasikmalaya. Sehingga sekarang lebih populer Nasi Tutug Oncom khas Tasikmalaya. Orang Sunda jaman dahulu, membuat nasi tutug oncom merupakan sebagai teman nasi disaat sarapan ataupun sore hari sambil ditemani oleh air teh hangat tanpa gula. Namun, lambat laun cara memakannya pun jadi berbeda-beda, salah satunya adalah memadukan langsung antara tutug oncom dengan nasi sehingga namanya berumbah menjadi Nasi Tutug Oncom.


Resep Nasi Tutug Oncom Tasikmalaya Spesial
Nasi Tutug Oncom Khas Tasikmalaya

Cara Membuat Nasi Tutug Oncom ini sangatlah sederhana, tapi jangan salah, meskipun bahan yang dibutuhkan sangatlah sederhana, tetapi cita rasa dari nasi tutug oncom ini sangatlah kaya dan nikmat. Untuk menambah kelezatannya, biasanya nasi tutug oncom dihidangkan bersama dengan ayam goreng, ikan asin, tahu, tempe, lalaban, dan sambal terasi. Pasti penasaran ingin mencoba merasakan sendiri lezatnya resep nasi yang satu ini bukan? Silahkan simak Resep Nasi Tutug Oncom Tasikmalaya Spesial berikut ini,

Nasi Tutug Oncom Tasikmalaya


Bahan-bahan

  •     1 ekor ayam yang dipotong-potong sesuai selera
  •     1 bks penyedap rasa Ayam Goreng
  •     3 siung lengkuas yang diparut
  •     1 kotak oncom Bandung yang diremas-remas
  •     2 batang daun bawang yang diiris halus
  •     3 sdm minyak untuk menumis
  •     Bumbu yang dihaluskan:
  •     5 siung bawang putih
  •     5 btr bawang merah
  •     1 bks Royco ayam
  •     3 cm kencur
  •     1 sdt garam
  •     1 sdt gula pasir

Cara membuat nasi tutug oncom Tasikmalaya Spesial

  1. Tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum lalu masukkan oncom dan daun bawang aduk hingga bumbu meresap lalu angkat.
  2. Setelah bumbu oncom sudah meresap dengan baik, campurkan oncom tersebut ke dalam nasi putih panas. Aduk hingga rata lalu bungkus dengan menggunakan daun pisang supaya rasanya lebih spesial dan khas.

Cara Memasak Ayam untuk Teman Nasi Tutug Oncom

  1. Masukkan ayam ke dalam air, masukkan penyedap rasa Ayam Goreng, aduk rata lalu masukkan lengkuas yang telah diparut. Masak sampai airnya hampir habis dan ayamnya lunak.
  2. Setelah ayam lunak, goreng ayam hingga berwarna kecoklatan. Gunakan api besar untuk menghasilkan ayam goreng yang renyah di luar dan tetap lembut di dalam.
  3. Setelah ayamnya matang, sajikan bersama nasi tutug oncom yang telah dibuat sebelumnya dalam piring saji.
  4. Nasi Tutug Oncom Tasikmalaya Spesial siap dihidangkan. 
Untuk menambah rasa dari Resep Nasi Tutug Oncom Tasikmalaya Spesial, sajikan juga beberapa potongan sayuran seperti tomat, timun dan jeruk nipis. Untuk minumnya biasanya dihidangkan bersama teh hangat atau bisa juga dengan es jeruk. Tergantung selera dan bahan yang tersedia. Jangan lewatkan juga info resep masakan lezat lainnya seperti resep cara membuat ayam bakar bumbu rujak dan resep bola bola daging sapi makaroni yang telah kami sajikan sebelumnya di blog resep masakan ini.

Selamat mencoba dan selamat menikmati...